Selasa, 02 Februari 2016

teks diskusi tentang dampak coc bagi pelajar

TUGAS BAHASA INDONESIA
STRUKTUR TEKS DISKUSI TENTANG
Dampak Bermain Clash Of Clash bagi Siswa SMP”


Kelompok : KRISUYAGUS

Anggota :
  1. Fawwazatha A.M VIII-C/16 ( Ketua/ pemimpin diskusi )
  2. Vito Fausta M. VIII-C/35 ( Notulis/ Sekretaris )
  3. Moch. Alvian W. VIII-C/23 ( Narasumber )
  4. Bimo Wirayudha VIII-C/08 ( Anggota )









Sekolah SMP Negeri 22 Surabaya
JL. Gayungsari Barat X/38 (031) 8290075, (031) 8273814.
Tahun 2015


Isu
Clash of clans awalnya adalah Freemium Strategy Video Game dari supercell. Permainan Multiplayer (multi pengguna) yang memungkinkan pemain untuk melatih pasukan, menyerang pemain lain untuk mendapatkan gold (emas), Elixir (sejenis sumber mineral), Dark eliksir, membangun pertahanan untuk memperlambat serbuan pemain lainnya dan memungkinkan pemain untuk membuat komunitas dalam sebuah clans. Pemain juga dapat menggunakan fitur komunikasi seperti obrolan untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun sesama komunitas clans.pasukannya juga bervariasi mulai dari Barbarian,Archer, Wizard, Giant, dan makhluk mitos lainnya. Defenses (pertahanan) mencakup Canon,Archer Tower, Wizard Tower, dan lain-lain. Laboratory juga dapat digunakan untuk mengupgrade kekuatan pasukan.
Dalam pembaruan, (versi 6.56.1), klan sekarang dapat terlibat dalam perang satu sama lain dengan satu hari persiapan,dan satu hari perang. Bintang atau tarif yang diberikan untuk seberapa baik basis musuh diserang, dan pemain terbatas pada dua seranganper hari. Tim yang memegang paling banyak bintang di akhir hari tersebut dinyatakan menang.
Pada tanggal 30 september 2013, permainan tersebut diluncurkan pada Android di Kanada dan Finlandia. Pada tanggal 7 oktober 2013, Supercell merilis Clash of Clans ke semua toko internasional google play lainnya.
Game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu bersamaan dan ditempat yang sama atau di tempat berbeda. Yang mendominasi memainkan game online adalah kalangan pelajar, mulai dari TK, SD, dan SMP memainkan game online. Hal ini dapat diketahui dari pesatnya perkembangan dari alat komunikasi yang sangat mudah untuk didaptkan.
Siswa SMP yang sering memainkan game online akan menyebabkan ketagihan dan akan meluangkan waktu untuk memainkan game tersebut.Dengan segala cara akan dilakukan demi memenuhkan hasrat keinginannya. Hal ini berdampak pada prestasi belajar yang akan menghambat dan akan malas membaca buku pelajaran karena memainkan game online. Dengan demikian siswa memainkan game ini menuai banyak perdebatan antara siswa, orang tua dan guru.
Argumen mendukung
Adapun dampak positif bermain Clash Of Clans, yaitu :
  1. Bermain Sambil Berlatih Untuk Tetap Sabar
      Gold,elixir, dan Dark Elixir . Adalah sebuah harta yang dimiliki oleh base atau desa yang kita bangun. Bagaimana jadinya jika Base kita di rampok sama musuh karena kita sedang offline ? Tentunya perjuangan kamu selama ini mengumpulkan harta serta sia – sia. Dan dengan sangat berat hati pastinya kamu akan bersabar untuk mengumpulkannya dari awal dan membangun desa atau Base kamu dari nol. Dari sini saja sudah bisa di ambil Hikmahnya dan juga di ambil positifnya. Kita tentunya harus bersabar dalam meraih impian. Karena tentu saja dalam perjalanan sukses, kita akan mengalami jatuh dan bangun. Sama halnya dengan Game Clash Of Clans. Jadi kita harus sabar,pasti kita akan sukses dan bisa meraih impian kita.
  2. Melatih dan Membiasakan untuk Berbagi dan Saling Memberi
      Kalian pasti tau Fitur “Donate”. Fitur ini hampir sama seperti menyumbang, atau membantu “Base” teman yang lagi sekarat. Disinilah sisi Positifnya. Dengan terbiasa memberi dan membantu teman di game COC, suatu saat kita juga pasti butuh bantuan teman kita. Kalau kita tidak terbiasa memberi dan berbagi dengan teman di COC, pastinya kamu akan memiliki banyak musuh di Game ini. Sekuat apapun “Base” kamu pasri akan hancur kena serangan bertubi – tubi dari musuh
3. Melatih Kita Untuk Tetap Fokus dan Berkonsentrasi

    Sikap fokus memang kunci utama untuk bisa memenangkan sebuah pertempuran di COC. Jika kita ingin menang melawan musuh, tentunya kita harus fokus dan berkonsentrasi. Jangan asal main saja. Bisa – bisa kamu kalah. Namanya juga Game strategi, jadi harus fokus dan konsentrasi jika ingin menang
Argumen menentang
Adapun beberapa dampak negatif bermain Clash of Clans yaitu:
a) Berkurangnya Sosialisasi
Game Clash of Clans membuat kecanduan karena dalam game dituntut untuk melakukan banyak hal agar tidak tertinggal oleh orang lain, dengan tuntutan semua itu anak biasanya lebih menyita waktu dengan game yang disukainya, dan akibatnya tiada rasa ingin bermain dengan anak-anak lain dan hanya menikmati kesendirian dalam game tersebut. Hal tersebut dapat mempengaruhi hal negatif dalam pergaulannya
b) Sulit Berkonsentrasi
Untuk anak yang mengalami kecanduan game COC membuat mereka sulit berkonsentrasi dalam pelajaran. Hal ini disebabkan karena fikirannya selalu ingin bermain game. Kecanduan game COC pun bervariasi. Kurangnya perhatian dari keluarga membuat seorang anak lebih terjun dan menikmati bermain game
c) Lupa Segala Hal
Terkadang anak tidak tahu dampak kekurangan makan,minum dan olahraga dapat menyebabkan badan mudah terserang penyakit.Kurangnya aktivitas yang dilakukan tubuh berdampak kurang bugar dimasa depannya karena kurang lancarnya metabolisme tubuh. Radiasi yang dipancarkan oleh monitor juga dapat merusak mata dan juga syaraf.
Dampak kecanduan game Clash of Clans :
1. Segi keuangan
Dari segi keuangan, pelajar yang ketagihan memainkan game COC akan menghabiskan uangnya demi bermain game. Adapun uang yang di gunakan untuk membeli paket data internet yang harganya yang beragam tergantung kartu yang digunakan untuk membeli paket data
2. Segi Waktu
Dari segi waktu, pelajar yang kecanduan game online akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk memainkan game dari pada belajar. Hal ini yang menyebabkan pelajar tersebut rela menghabiskan waktunya untuk menambah pengalaman dan menaikkan level, menghilangkan stres, ingin menghabiskan waktu, mencari teman karena permainannya yang terus update dan tidak membosankan.
3. Segi Sosial
Dari segi sosial, hubungan dengan teman, keluarga jadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang. Pergaulan pelajar tersebut hanya di g ame COC saja, sehingga membuat para pecandu game COC jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata. Ketrmpillan sosial berkurang, sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain. Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game COC.
Simpulan
Cara untuk mencegah masalah ini adalah :
  • Expose Anak ke Aktivitas Lain
Orang tua bisa meminta anak kita untuk bergabung dalam suatu kegiatan positif yang tidak melibatkan hal-hal secara online.
  • Tamasya Keluarga
Ajak mereka untuk pergi ke pantai atau keluar kota dimana mereka akan menikmati alam dengan keluarga dan teman-teman mereka. Dengan melakukan ini, kita dapat mengekspos mereka keluar dan pada saat yang sama membuat mereka offline untuk beberapa waktu.
  • Kegiatan Olahraga
Kegiatan lain seperti olahraga dapat membantu anak melupakan game COC. Ajaklah anak pergi ke taman untuk bermain basket, sepak bola atau baseball. Ini akan membantu mereka mengatasi kecanduan game online.
  • Kegiatan Agama
Ajak mereka untuk ikut menvgaji di masjid terdekat untuk belajar membaca Qur'an dan belajar sholat.Aktivitas ini tidak hanya dapat membantu mereka secara fisik dan mental, tetapi juga dapat membantu mereka secara rohani yang pada gilirannya dapat membuat mereka menjadi anak yang lebih baik.

Cara Mengatasi Kecanduan game COC adalah :
  • mengatur waktu
Berikan mereka waktu-waktu tertentu antara belajar dan bermain.
  • Menabung uang untuk hal yang bermanfaat
ajari mereka untuk bisa menabung uang yang mereka punya dan memberikan contoh untuk bisa memanfaatkan uang tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat.
  • Membuat perencanaan hidup kedepan
buatlah planing kedepan apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan potensi dirinya supaya bertambah dan menjadi yang lebih baik dari sebelumnya .
  • Memperbanyak Ibadah
menggantikan bermain game online dengan memperbanyak ibadah. Membaca al-quran atau melakukan kajian yang akan menambah ilmu pengetahuannya. Tanpa disadari akan lebih baik

2 komentar:

  1. Can you make money from horse racing? | WorkPowder
    In this video, I'll explain what you need to do to make money from horse racing. 바카라 사이트 The 바카라 basics of horse racing betting is that money งานออนไลน์ is not worth a bet.

    BalasHapus